Lewat BST, Bupati Himbau Masyarakat Selalu Waspada

 Madiun, Investigasi : Untuk awal tahun ini, Pemerintah Kabupaten Madiun melaksanakan Bakti Sosial Terpadu (BST) di Desa Morang, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun. Sebagaimana ditahun-tahun sebelumnya kegiatan BST yang dipimpin langsung oleh Bupati Madiun, H. Muhtarom, ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari berturut-turut, yakni pada 19 s.d 20 Januari 2016. Tampak hadir pada kesempatan ini Wakil Bupati Madiun, Ketua dan anggota DPRD, Forpimda, Sekda Madiun, Kepala SKPD, TP PKK, Dharma Wanita Persatuan, Muspika Kec. Kare, Kepala Desa se Kecamatan Kare, Lembaga Desa dan masyarakat desa Morang.
 Kegiatan BST ini diawali dengan olahraga bola volley bersama Karang Taruna, Sarasehan untuk menjaring aspirasi masyarakat, mengunjungi warga kurang mampu dan sedang sakit, Kerja Bhakti pengaspalan jalan, Pasar Murah, Pelayanan administrasi ( KTP, KK, Akte Kelahiran) SIUP, SIM, Kartu Pencari Kerja, SKCK Kepolisian, Legalisir Surat Nikah dan Ijasah, Pelayanan Kesehatan gratis dengan melibatkan Dokter Spesialis, Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor, Donor Darah, Pemeriksaan kesehatan ternak, Kawin suntik ternak dll.
 Pada saat sarasehan Bupati Madiun menjelaskan, bahwa biasanya pada awal musim penghujan seperti saat ini akan muncul penyakit deman berdarah dan juga diare. “Apabila ada anggota keluarga kita yang mengalami gejala panas dengan suhu badan tinggi ataupun diare yang dibarengi dengan muntah, hendaknya segera dibawa ke Puskesmas, Polindes atau ke Dokter untuk diperiksa dan memastikan penyakitnya,” kata Mbah Tarom.
Pada kesempatan tersebut, diinformasikan pula, bahwa beberapa waktu yang lalu telah terjadi ledakkan bom di Jakarta yang dilakukan oleh sekelompok orang yang tidak bertanggungjawab. “Agar daerah kita tidak kecolongan seperti di Jakarta, maka kita harus selalu waspada, apabila ada seseorang/sesuatu yang mencurigakan segeralah melapor ke petugas keamana untuk ditindaklanjuti,” himbau Bupati Madiun.
Dilanjutkan, kalau ada warga baru yang masuk ke wilayah, hendaknya ditanya identitasnya agar tahu statusnya. “Masyarakat harus paham, kalau ada anggota keluarga kita yang berprilaku aneh dan tidak biasanya, atau ada anggota keluarga kita yang menghilang tanpa dketahui keberadaannya hendaknya segera melapor ke petugas terdekat untuk segera di cari, jangan sampai ada aggota keluarga kita bergabung dengan kelompok tertentu yang bertentangan dengan idiologi bangsa dan Negara kita,” jelasnya lagi. 
Terkait dengan kondisi tanah dilereng gunung Wilis, dijelaskan bahwa kondisi tanah di lereng Wils saat ini sudah cukup tua dan labil sehingga mudah sekali terjadi longsor. “Terkait hal tersebut, warga yang tingal di lereng Wilis berhati-hati. Untuk lahan yang kemiringannya mencapai 15 s.d 20 derajat hendaknya tidak lagi ditanami padi yang membutuhkan air cukup banyak sehingga menjadi potensi terjadi longsor. Lebih baik ditanami saja dengan tanaman keras yang mempunyai akar kuat untuk mengikat tanah. Apalagi saat ini diwilayah Kec. Dolopo sudah ada pabrik kayu olahan yang membutuhkan bahan baku cukup banyak dan kita belum bisa mensuplay bahak pokok kayunya secara maksimal,” tegasnya. 
Pada kesempatan sarasehan Bupati Madiun juga menerima dan menyetujui berbagai usulan masyarakat Desa Morang antara lain, pelatihan membuat biogas, pemasangan lampu jalan, ternak kambing, bantuan bibit tanaman keras, alat pertanian, semen, saluran air bersih, aspal, modal UMKM, Pelatiha memasak, Pelatihan menjahit, Werreless untuk jamaah Yasin, Alat Hadroh, APE untuk TK/PAUD,  dan lain-lain. “Untuk bantuan hibah, agar lembaga/unit usaha yang mengajukan segera mengurus Badan Hukum atas untuk usaha yang dilaksanakan. Hal ini penting sebagai syarat peyaluran dana hibah,” kata Bupati Madiun.
 Pada kesempatan kerja bhakti pengaspalan jalan, Bupati Madiun juga mengajak kepada seluruh warga masyarakat Kabupaten Madiun pada umumnya untuk terus melaksanakan swadaya, sebagaimana dilakukan oleh masyarakat Ds. Morang ini. 

Sementara itu PKK Kab. Madiun yang dipimpin langsung oleh Ketuanya  Ny. Hj. Sri Purwanti Muhtarom, melaksanakan  peninjauan kegiatan TP PKK Ds. Morang untuk diadakan pembinaan.    Pada kesempatan ini Bupati Madiun, Wakil Bupati dan Ketua DPRD Kab. Madiun berkenan menyerahkan bantuan berupa Alat sekolah untuk siswa SD/MI, SMP/MTs, Sembako untuk warga kurang mampu, APE untuk TK Ds. Morang. (p-76)

Related product you might see:

Share this product :

Posting Komentar

 
Investigasi New Biro Madiun. Alamat Jl. Gemah Ripah No. 30 Dolopo Kabupaten Madiun. Telp. 081249410099
Support : PT. INSAN MANDIRI PERMATA
Copyright © 2014. Investigasi New Madiun
Template Edited by Investigasi Biro Madiun
Telp/Message : 081249410099 | 0856 0449 9100