Pemerintah Desa Tapelan Gencar Laksanakan Pembangunan Desa DiBerbagai Bidang

Madiun, Investigasi : Semenjak dilantik menjadi Kepala Desa Tapelan, Kecamatan Balerejo, Kabupaten Madiun tanggal 6 Desember 2013, Sumino langsung melaksanakan program-program yang sudah disusunnya. Apalagi program yang dilaksanakan ini mendapat dukungan penuh dari masyarakat maupun mendapat kucuran dari Dana Desa.
Saat ditemui di Kantor Desa Tapelan, Kades Sumino mengatakan Gebrakan pertama yaitu pada saat Desa Tapelan mendapatkan kehormatan untuk menjadi tuan rumah Bakti Sosial Terpadu (BST) pasca dirinya dilantik oleh Bupati Madiun. Pada bulan Januari hingga Februari 2014, untuk menunjang ibadah masyarakat di Desa Tapelan, Kades Sumino membangun Induk Masjid.
Induk masjid tersebut dibangun dengan diperkirakan menelan anggaran sekitar Rp. 300 juta. Rinciannya adalah swadaya masyarakat sekitar Rp. 20 juta, pinjaman Rp. 30 juta. “Pinjaman tersebut sudah diselesaikan. Mulai awal sampai sekarang masjid tersebut sudah 80 persen,” ungkapnya.
Bukan hanya itu, dalam kepemimpinan Sumino, ditahun 2014 membuat gubug pertanian, cagar budaya (cungkup), jembatan penghubung antar sawah. “Dulu sewaktu panen, masyarakat harus lewat Desa Bulakrejo, namun sekarang dengan adanya jembatan tersebut masyarakat tidal lagi,” lanjutnya.
Terkait dengan pembangunan fisik, Pemerintah Desa Tapelan membangun rabat jalan sepanjang 500 meter yang dimulai dari ujung desa Tapelan. Selain itu, untuk memberi tinggalan pada anak cucu generasi penerus, Kades Sumino mempelopori penanaman jati yang lokasinya ada di jalan sawah, pinggir lapangan dan tepi makam Desa Tapelan. “Saya dibantu dengan tenaga kerja, sedangkan bibitnya dari Pertanian. Untuk pohon jati yang ada dilapangan dan makam semuanya atas biaya pribadi,” tegasnya.
Selain itu, dalam kepemimpinannya, Desa Tapelan juga membangun Plang arah masuk Desa Tapelan dan Gapura masuk desa yang lokasinya ada di dua tempat dan semua biaya tersebut diambilkan dari Dana Desa. Ditahun 2015, Kades Sumino berinisiati membangun Pendopo Kantor Desa Tapelan dan membangun saluran air kesungai yang dimulai dari wilayah Kasun I dan II. “Semuanya mengarah kesungai. Ini dilakukan karena setiap musim penghujan daera tersebut pasti digenangi air, namun sekarang tidak lagi,” kata Kades yang juga mantan karyawan PG Redjoagung ini dengan tersenyum.
Ditahun 2016 ini, Pemerintah Desa Tapelan yang dipimpinnya melaksanakan rabat jalan diwilayah RT 1, RT 2 dan RT 8. Bukan hanya itu saja, pembangunan drainase untuk RT 10 dan 11 juga dikebut dan sesuai target. “Semuanya diarahkan kesungai sebab air hujan dan buangan dari perumahan selama ini tidak dapat terbuang,” ujarnya.

Dan yang terbaru adalah pembangunan Polindes yang berada disebelah selatan Kantor Desa Tapelan serta Gapura Gang masuk di RT masing-masing di tiga tempat dan pemadatan (penggrosokan) jalan sawah. “Untuk Gapura sebenarnya ada empat, namun yang satu belum dibangun. Sedangkan penggrosokan jalan ini untuk membantu memudahkan masyarakat saat panen,” pungkasnya. (p-76)

Related product you might see:

Share this product :

Posting Komentar

 
Investigasi New Biro Madiun. Alamat Jl. Gemah Ripah No. 30 Dolopo Kabupaten Madiun. Telp. 081249410099
Support : PT. INSAN MANDIRI PERMATA
Copyright © 2014. Investigasi New Madiun
Template Edited by Investigasi Biro Madiun
Telp/Message : 081249410099 | 0856 0449 9100