Palenggahan Agung Srigathi, Tempat Untuk Mengasah Bathin

Ngawi, Investigasi : Bulan Sura yang merupakan bulan pertama pada tahun Saka boleh dikatakan sebagai bulan istimewa di kalangan masyarakat Jawa. Mengenai penetapan kapan datangnya bulan Sura atau kapan tanggal satu Sura, masyarakat Jawa menganut adanya dua paham, yaitu ASAPON dan ABOGE. Penganut paham Asapon meyakini bahwa tanggal 1 Sura pada tahun Alip bertepatan dengan hari Selasa Pon sedangkan penganut paham Aboge meyakini bahwa tanggal 1 Sura pada tahun Alip jatuh pada hari Rebo Wage.
Pada malam tanggal 1 Sura masyarakat Jawa banyak yang melakukan ritual tidak tidur (Bhs. Jawa : melekan) yang biasa disebut dengan istilah Jawa mapak tanggal. Tdak berhenti pada tanggal 1 Sura mereka melakukan ritual sebagai wujud dari pendekatan diri dengan Sang Pencipta, tapi terus berlanjut sampai sepanjang bulan.
Di kawasan Alas Ketonggo tepatnya di sekitar Palenggahan Agung Srigati pada malam tanggal 1 Sura lalu telah dipadati oleh pengunjung dari berbagai kota baik dari dalam wilayah Kabupaten Ngawi maupun dari luar wilayah Kabupaten, bahkan dari luar pulau Jawa ada juga yang menyempatkan datang.
Acara ritual yang lebih menarik di Palenggahan Agung Srigati adalah acara tahunan yang rutin diselenggarakan, yaitu acara yang disebut “ Ganti Langse “, yang dapat diterjemahkan mengganti kain. Kain yang dimaksudkan adalah kain sebagai kerudung pada bangunan relatif kecil di mana tempat sakral berada.  Bangunan kecil sebagian orang menyebut pundhen, ada juga yang menyebut sanggar, ada juga yang menyebut padhepokan, namun masing-masing mereka punya satu pengertian bahwa di situlah makhluk halus Eyang Srigati bersemayam. Secara umum tempat itu diberi nama atau sebutan Palenggahan Agung Srigati. Acara Ganti Langse diselenggarakan pada saat bulan purnama atau dalam bahasa Jawa dengan sebutan purnama sidi yaitu pada saat rembulan berbentuk bulat penuh di bulan Sura yang jatuh pada tanggal lima belas.
Kain putih yang telah berjasa melindungi persemayaman dari Eyang Srigati pada saat purnama sidi itulah diganti dengan kain baru melalui upacara ritual. Selanjutnya kain bekas tersebut sangat diminati oleh para pengunjung untuk memilikinya sebagai barang yang mengandung tuah. Untuk itu pengunjung rela mengantri guna mendapatkan sesobek kain dengan disertai memberikan dana secara suka rela dan ikhlas lahir maupun batin.
Acara ritual Ganti Langse di Palenggahan Agung Srigati Alas Ketonggo yang terletak di desa Babadan Kecamatan Paron Kabupaten Ngawi tahun 2015 ini diselenggarakan pada tanggal 27 Oktober lalu. Ribuan pengunjung dari berbagai penjuru selain mengikuti jalannya upacara juga disuguhi hiburan seperti biasanya yaitu pagelaran wayang kulit semalam suntuk. Kali ini tiga dalang tampil secara bergantian yaitu Ki Mulyo, Ki Bambang dan Ki Rahmat, didukung 6 orang suarawati. Hadir dalam perhelatan ini PJS Bupati Ngawi Sudjono, Ketua DPRD Kabupaten Ngawi yang akrab dipanggil Mas Antok, Kahumas Prasetyo, para Camat dan para Kepala Desa serta para tokoh masyarakat. Kades Babadan Joko S sarimbit sebagai tuan rumah nampak mengenakan pakaian adat Jawa sesuai dengan nuansa kejawen yang berlangsung.
Dalam kesempatan itu calon Bupati petahana yang akan berlaga pada 9 Desember mendatang dengan nomer urut 1 yaitu Mbah Kung Kanang Budi Sulistyono juga hadir dan sempat menyisipkan waktu di celah berlangsungnya pakeliran wayang kulit.

Ratusan mobil dan ribuan sepeda motor memadati kawasan Alas Ketonggo. Pengunjung nampak asyik dengan kesibukan masing-masing. Para penggemar wayang dengan santai menikmati pagelaran wayang, sementara ada yang melakukan ritual dengan istilah ngalap berkah di Palenggahan Agung Srigati, sebagian ada yang melaksanakan mandi kungkum di kali tempur, ada yang menjalankan ritual di petilasan Bung Karno, di Kori Gapit, Tugu Mas, Sendhang Drajad dan lainnya sesuai dengan selera masing-masing.(pdy)

Related product you might see:

Share this product :

Posting Komentar

 
Investigasi New Biro Madiun. Alamat Jl. Gemah Ripah No. 30 Dolopo Kabupaten Madiun. Telp. 081249410099
Support : PT. INSAN MANDIRI PERMATA
Copyright © 2014. Investigasi New Madiun
Template Edited by Investigasi Biro Madiun
Telp/Message : 081249410099 | 0856 0449 9100