Guna Meningkatkan Perekonomian Keluarga, Dinkoperindagpar Lakukan Pelatihan Pembuatan Kue Bagi Masyarakat

Madiun Investigasi : Untuk lebih memberdayakan ekonomi serta meningkatkan keahlian dan kemampuan masyarakat agar punya daya saing dalam memproduksi kue, Dinas Koperindagpar Kabupatrn Madiun melalui Bidang Perindustrian dan UMKM mengadakan pelatihan keterampilan pembuatan kue di Kelurahan Bangunsari, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun.
Pelatihan yang dilaksanakan selama 3 hari di Panti PKK Kelurahan Bangunsari ini pada hari pertama mendatangkan narasumber dari Dinas Kesehatan dan Dekopinda Kabupaten Madiun dan pada saat pelatihan menggandeng instruktur dari Kediri dan diikuti sekitar 30 peserta dari ibu-ibu yang sudah punya usaha pembuatan kue. Kamis (10/11/16).
Saat memberikan sambutan, Ali Sufyan, Kepala Kelurahan Bangunsari, Kecamatan Dolopo mengatakan bahwa pihaknya menyambut baik pelatihan tersebut karena lebih memberikan manfaat yang positif bagi masyarakat Kelurahan Bangunsari. "Pelatihan ini sangat dibutuhkan dalam rangka peningkatan perekonomian keluarga," ujarnya.
Selain itu, pelatihan ini juga selaras dengan visi dan misi dari Bupati Madiun yaitu menuju masyarakat Kabupaten Madiun lebih sejahtera 2018.
Sementara itu, Kepala Dinas Kopeeindagpar Kabupaten Madiun, Sawung Rehtomo mengatakan bahwa untuk peningkatan ekonomi masyarakat di wilayah Kabupaten Madiun, pihak Pemerintah terus melakukan upaya dan teroboson seperti pelatihan pembuatan kue dan lain sebagainya. "Semuanya disesuaikan dengan kemampuan masyarakat itu sendiri," ungkapnya.
Dijelaskan, pihaknya membuka pelatihan pembuatan roti ini dengan tujuan untuk memberikan peluang bagi ibu-ibu agar bisa membantu menopang perekonomian keluarga. "Bagi yang sudah bisa, melalui pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan, keterampilan dan keahlian," lanjutnya.
Sawung Rehtomo meyakini bahwa setelah mengikuti kegiatan pelatihan ini, ibu-ibu akan berusaha mengaplikasikan apa yang diperoleh untuk hal yang positif sehingga bisa menambah income keluarga.
Diharapkan, para peserta bisa mengikuti pelatihan dan mampu menyerap ilmu yang diberikan oleh insruktur dari Kediri dan berusaha mandiri tanpa perlu meminta bantuan dari pemerintah. "Perlu diketahui, pelatihan ini juga merupakan bentuk perhatian dan bantuan dari pemerintah," tegas Sawuh Rehtomo.
Yang diperlukan, lanjut Kepala Dinas Koperindagpar yaitu peserta harus mempunyai motivasi dan mau berkembang sesuai dengan perkembangan jaman. "Jangan malu untuk bertanya dan punya kemauan untuk mencari bentuk serta model kue terbaru dari internet," katanya lagi.
Disini yang terpenting adalah peserta mau melangkah setahap demi setahap, dipahami serta berusaha yakin bahwa mereka mampu dan tidak takut pada kegagalan.
Diharapkan, pelatihan ini bisa dilaksanakan dan diikuti dengam baik sehingga bisa menambah wawasan serta pengetahuan bagi peserta. "Selain membantu meningkatkan perekonomian keluarga, para peserta yang sukses nantinya juga bisa membantu perekonomian orang lain," pungkasnya. (p-76)

Related product you might see:

Share this product :

Posting Komentar

 
Investigasi New Biro Madiun. Alamat Jl. Gemah Ripah No. 30 Dolopo Kabupaten Madiun. Telp. 081249410099
Support : PT. INSAN MANDIRI PERMATA
Copyright © 2014. Investigasi New Madiun
Template Edited by Investigasi Biro Madiun
Telp/Message : 081249410099 | 0856 0449 9100