Musrenbang Kabupaten Madiun, Prioritaskan Pertanian, Pendidikan, Dan Kesehatan

Madiun, Investigasi : Musyawarah Perencaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Madiun dilaksanakan di Pendopo Muda Graha Kabupaten Madiun berjalan dengan lancer. Rabu, (2/3/16).
Tampak hadir dalam acara tersebut Bupati Madiun, Ketua DPRD Kabupaten Madiun, Kepala Bappeda Provinsi, Kepala Bakorwil I Madiun, Jajaran SKPD, Camat, Kepala Desa, Tokoh Masyarakat, LSM dan Insan Pers.
Diketahui, Musrenbang Kabupaten Madiun ini merupakan rangkaian kegiatan perencanaan pembangunan yang dimulai dari Musrenbang Desa, Musrenbang Kecamatan dan Forum SKPD yang merupakan amanat dari Peraturan Meneteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 54 tahun 2010 tentang Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 tentang Tahapan, Tatacara Penyusunan, Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah.
Saat memberikan penjelasan, Sekretaris Bappeda Kabupaten Madiun mengatakan bahwa Musrenbang merupakan forum musyawarah bagi pemangku kepentingan yang dilakukan secara berjenjang dari mulai tingkat Desa sampai dengan Kabupaten. “Ini muerupakan proses partisipatif dalam menyusun RKPD dan nantinya akan kita bawa ke tingkat Provinsi dan Nasional,” ujarnya.
Lebih lanjut dijabarkan, untuk mencapai visi Kabupaten Madiun Lebih Sejahtera Tahun 2018 harus dilakukan langkah konkrit yaitu dengan memprioritaskan program-program pembangunan yang meliputi Pertanian, Pendidikan, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Keamanan Wilayah dan Lingkungan Hidup.  
Dalam waktu yang sama, Fattah Yasin, Kepala Bappeda Provinsi Jawa Timur mengatakan bahwa pihaknya merasa bangga bias hadir dalam Musrenbang Kabupaten Madiun ini karena diketahui bahwa pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Madiun sangat tinggi bahkan melebihi pertumbuhan ekonomi kabupaten/kota yang ada di Jawa Timur. “Ini karena adanya sinergitas yang baik antara Bupati, Jajaran SKPD dan stakeholder yang ada di Kabupaten Madiun,” ujarnya disambut tepuk tangan oleh para peserta Musrenbang.
Sementara itu, Bupati Madiun H. Muhtarom mengataan bahwa saat ini tengah dilakukan penyempurnaan Rancangan RKPD Kabupaten Madiun tahun 2017 menjadi Rancangan Akhir RKPD tahun 2017 dengan mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Madiun tahun 2013 – 2018, Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Madiun tahun 2005 – 2025 serta Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Madiun tahun 2009 – 2029. “Kita lakukan Renja SKPD tahun 2016 menjadi Renja tahun 2017 dengan memperhatikan prioritas pembangunan yang tertuang pada rancangan awal RKPD,” ungkap Muhtarom.

Diharapkan, hasil dari Musrenbang Kabupaten ini bias digunakan sebagai bahan untuk penyempurnaan Rancangan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2017. “Kita susun Platfom Anggaran Sementara yang menjadi acuan penyusunan RAPBD dan pada akhirnya ditetapkan sebagai APBD tahun anggaran 2017,” pungkas Bupati Madiun. (p-76)

Related product you might see:

Share this product :

Posting Komentar

 
Investigasi New Biro Madiun. Alamat Jl. Gemah Ripah No. 30 Dolopo Kabupaten Madiun. Telp. 081249410099
Support : PT. INSAN MANDIRI PERMATA
Copyright © 2014. Investigasi New Madiun
Template Edited by Investigasi Biro Madiun
Telp/Message : 081249410099 | 0856 0449 9100