Hujan Semalam Suntuk, Kwadungan Terendam Banjir

Ngawi, Investigasi : Hujan yang turun semalam suntuk hingga pagi harinya membuat debit air di Sungai Madiun (Bengawan Madiun) meluap. Bahkan aliran sungai yang bermuara di Bengawan Solo ini tidak bisa menampung air dari sungai-sungai kecil yang menginduk di Bengawan Madiun dan akibatnya banjir melanda disepanjang aliran Bengawan Madiun.
Bukan hanya Jalan Raya Kwadungan tepatnya di Desa Purwosari dan Desa Simo, Kecamatan Kwadungan yang terendam air setinggi satu meter. Bahkan beberapa dukuh diwilayah Desa Simo dan Purwosari terkepung oleh banjir hingga malam hari.
Menurut Sukiman, Warga Desa Purwosari, air datang pada pagi hari, Rabu (28/9/16) setelah hujan reda. “Saya bangun pada waktu subuh air belum naik, tapi menjelang hujan reda sekitar jam 7 pagi air mulai datang dan naik terus,” ungkapnya pada Wartawan Investigasi.
Ketika Wartawan Investigasi mencoba masuk dan melewati dukuh Serut, Desa Purwosari, Kecamatan Kwadungan tampak areal pemakaman umum desa setempat juga ikut terendam. Menurut Karji, Warga setempat, areal tersebut merupakan langganan banjir bila aliran air sungai meluap.
Tampak mobil patroli dari Polsek Kwadungan terus mondar-mandir membantu siswa sekolah yang terjebak banjir. Selain Desa Simo dan Puwosari, desa lain yang terdampak oleh banjir adalah Desa Bendo, Kecamatan Padas. Banjir yang melanda Desa Bendo tersebut semakin malam malah semakin naik sehingga banyak warga yang mengungsi dirumah sanak keluarganya untuk menyelamatkan diri sembari membawa ternak mereka.
Namun, banyak juga yang bertahan di rumah masing-masing dengan alasan untuk menjaga harta bendanya. "Ini saya mau memgungsi. Dari pagi hujan tak surut -surut. Saya pikir bakal surut, eh malah semakin naik debit airnya," kata Yatmin, salah satu warga, Rabu (28/9/16) malam.
Akibatnya, aktivitas di lokasi yang terdampak banjir terganggu. Arus lalulintas berhenti total. Masyarakat berharap banjir yang melanda wilayahnya agar segera surut sehingga masyarakat bisa beraktivitas seperti semula. (p-76/yyk)

Related product you might see:

Share this product :

Posting Komentar

 
Investigasi New Biro Madiun. Alamat Jl. Gemah Ripah No. 30 Dolopo Kabupaten Madiun. Telp. 081249410099
Support : PT. INSAN MANDIRI PERMATA
Copyright © 2014. Investigasi New Madiun
Template Edited by Investigasi Biro Madiun
Telp/Message : 081249410099 | 0856 0449 9100