Desa Kedungbanteng Bangun Drainase Untuk Cegah Banjir Diwilayah Timur Desa

Madiun, Investigasi :Turunnya Dana Desa dengan jumlah yang besar dimanfaatkan dengan baik oleh Desa Kedungbanteng, Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun untuk melakukan pembangunan diberbagai sector. Karena wilayahnya berdekatan dengan sungai yang memiliki potensi banjir, maka Pemerintah Desa Kedungbanteng gencar membangun drainase.
Terpantau ada 3 titik pembangunan drainase dan 1 titik pembangunan boks kontrol yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Kedungbanteng.
Untuk 3 titik pembangunan drainase tersebut ada diwilayah Kasun I dengan panjang sekitar 55,6 meter dan menelan anggaran Rp. 76,7 juta. Di Kasun II drainase dibangun sepanjang 87 meter dengan anggaran sebesar Rp. 60 juta sedangkan di Kasun III, drainase dibangun sepanjang 154 meter dengan anggaran Rp. 100 juta. Selain itu di Kasun I juga dibangun boks control sepanjang 12 meter dengan anggaran Rp. 25 juta.
Saat dikonfirmasi, Sukaton, Kepala Desa (Kades) Kedungbanteng menjelaskan bahwa pembangunan ini dimaksudkan untuk memperlancar arus air Karena disebelah Timur yang lokasinya ada diwilayah Kasun II dan III kerap dilanda banjir. “Makanya kita utamakan untuk pembangunan drainase, ini dimaksudkan agar dua Kasun tersebut wilayahnya tidak lagi terkena banjir,” ungkap Katon, (Rabu 26/10/16)
Lebih lanjut dikatakan, pembangunan ini semuanya juga atas dasar masukan dan usulan dari masyarakat sewaktu musyawarah dusun dilaksanakan. “Kita melihat masyarakat merasa senang dengan dibangunnya drainase ini, Karena mereka sekarang terbebas dari banjir,” lanjutnya.
Karena sekarang ini musim penghujan, maka pembangunan drainase di 3 titik tersebut langsung dikebut. Menurut Katon waktu pembangunan hanya berkisar 1,5 bulan saja. “Kita berburu dengan waktu, apalagi pembangunan harus selesai tepat waktu untuk menghilangkan kekhawatiran dari masyarakat Karena saat ini hujan turun tidak bias diprediksi,” tegas Katon lagi.

Kepala Desa yang memimpin sekitar 2.800 penduduk ini berharap dengan turunnya Dana Desa ini, berimbas baik pada masyarakatnya. Dana desa ini nantinya tidak akan digunakan untuk pembangunan fisik saja, namun juga untuk pemberdayaan masyarakat Desa Kedungbanteng. “Yang pasti, dana desa ini murni untuk kesejahteraan masyarakat desa Kedungbanteng,” pungkas katon. (p-76)

Related product you might see:

Share this product :

Posting Komentar

 
Investigasi New Biro Madiun. Alamat Jl. Gemah Ripah No. 30 Dolopo Kabupaten Madiun. Telp. 081249410099
Support : PT. INSAN MANDIRI PERMATA
Copyright © 2014. Investigasi New Madiun
Template Edited by Investigasi Biro Madiun
Telp/Message : 081249410099 | 0856 0449 9100