Kerajinan Tangan Berbahan Dasar Botol Bekas Produk Desa Sumbersari Diminati Masyarakat

Madiun, Investigasi : Berbagai cara dilakukan oleh Pemerintah Desa Sumbersari, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun untuk meningkatkan perekonomian warganya terutama kaum ibu-ibu. Setelah menggelar pelatihan pembuatan kue dan pembuatan aksesoris dari anyaman bambu, kini Melalui PKK, Pemerintah Desa Sumbersari melaksanakan pelatihan cara membuat aksesories tas berbahan dasar dari wadah minuman bekas yang sudah tidak terpakai.
Pelatihan yang dimotori oleh Pratini Wahyu Utami, Ketua PKK Desa Sumbersari ini sudah satu bulan lebih berjalan dan diikuti sekitar 20 orang ibu-ibu PKK. “Sebenarnya ada warga sini yang bernama Yuliawatini yang pertama kali membuat tas dari wadah botol bekas ini, terus sekarang ditularkan kepada masyarakat yang lain,” ungkap Pratini Wahyu Utami, Rabu (26/10/16) pada SKN Investigasi News.
Pelatihan ini dilaksanakan seminggu dua kali yaitu setiap hari Rabu dan Sabtu sekitar pukul 03.00 WIB di Panti PKK Desa Sumbersari. Dalam pelatihan ini, para peserta diwajibkan membawa wadah minuman kemasan yang sudah tidak terpakai untuk bahan dasar pembuatan tas. “Wadah bekas minuman tersebut diambil bagian atasnya lalu dirangkai dengan bahan lain sehingga bisa terbentuk sebuah tas yang cantik,” lanjutnya.
Setiap pertemuan dalam pelatihan, para peserta harus membawa wadah bekas minuman tersebut minimal 20 biji, namun banyak juga yang membawa lebih. Dijelaskan, tas yang sudah jadi untukukuran besar akan dijual seharga Rp. 150 ribu, ukuran sedang, Rp. 75 ribu semua bervariasi tergantung pada permintaan. “Semua butuh ketelatenan. Kemarin tas besar yang sudah jadi dan bagus dibeli Rp. 150 ribu,” tegasnya.
Saat ditemui, Prijo Wibowo, SE, Kades Sumbersari mengatakan bahwa dengan melakukan pelatihan pembuatan tas berbahan dasar botol bekas ini diharapkan ibu-ibu punya kegiatan positif dan mampu menghasilkan penghasilan tambahan untuk menunjang perekonomian keluargannya.
Kades Sumbersari berharap Pemerintah Daerah mau memberikan bantuan modal agar masyarakatnya bias mengembangkan keahlian yang sudah diperoleh dari pelatihan ini. “Kalaupun bukan modal, namun bisa juga berupa pelatihan lanjutan agar karya yang dihasilkan bisa lebih kreati dan inovatif,” ujarnya.
Dirinya kini berlega hati Karena ada PPL yang mau membantu memasarkan karya dari masyarakat. “Saya juga berharap pemerintah daerah juga memberi bantuan untuk memasarkan produk yang sudah dihasilkan oleh masyarakat kami,” pungkasnya.

Disinggung masalah peggunaan Dana Desa, Kades Sumbersari menegaskan bahwa pihak Pemerintah Desa Sumbersari sudah melaksanakan pembangunan fisik berupa pembangunan drainasi (saluran) di 3 titik yaitu Dusun Sumbersari, Dusun Patran I dan Kenep I. ada satu lagi yaitu pembangunan rabat jalan di Dusun Kenep II yang semuanya sudah selesai serratus persen. (p-76)

Related product you might see:

Share this product :

+ komentar + 1 komentar

1 September 2017 pukul 09.52

GOLDENQQ.NET - Bandar Poker Online Terpercaya | Bandar Poker online | Agen BandarQ
Bandar Poker Online Terpercaya
Bandar Poker Online
Agen Poker Online
Poker Online Terpercaya
Poker Uang Asli
Agen BandarQ Online
Agen BandarQ
Agen Domino Online
GOLDENQQ adalah sebuah website Bandar Poker Online Terpercaya serta terbaik dan juga Poker Online Terpercaya, Sebagai partner Agen Poker Online Terpercaya dan Agen BandarQ Online Terbaik. Goldeqq Juga sebagai website Agen BandarQ dan Agen Domino Online yang menyediakan games-games terbaik buat anda. Minimal Deposit dan WD sangat terjangkau hanya 20 Rb anda sudah bisa bermain Poker Uang Asli
Ayo Segera Gabung Dan Mainkan Sekarang Juga Di GOLDENQQ

Posting Komentar

 
Investigasi New Biro Madiun. Alamat Jl. Gemah Ripah No. 30 Dolopo Kabupaten Madiun. Telp. 081249410099
Support : PT. INSAN MANDIRI PERMATA
Copyright © 2014. Investigasi New Madiun
Template Edited by Investigasi Biro Madiun
Telp/Message : 081249410099 | 0856 0449 9100