Skala Prioritas 6, Kabupaten Madiun Sangat Tahan Pangan

Madiun, Investigasi : Pantaslah bila Kabupaten Madiun disebut sebagai lumbung padi diwilayah Jawa Timur bagian barat, sebab ketersediaan pangan di Kabupaten Madiun sudah sedemikian teruji hingga level nasional.
Data yang diperoleh dari Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kabupaten Madiun menyebutkan bahwa selalu ada peningkatan ketersediaan kalori per kapita per hari untuk konsumsi masyarakat Kabupaten Madiun
Ditahun 2011, ketersediaan kalori per kapita per hari  sebanyak 259,7 % dari kebutuhan. Namun ditahun 2012 terjadi penurunan sebanyak 5.381 kalori per kapita per hari. “Ditahun 2013 terjadi kenaikan yang cukup signifikan yaitu 6.525 kalori per kapita per hari atau 296,6%,” kata Eddy Bintardjo, Kepala Badan Ketahanan Pangan Kabupaten Madiun pada Koran Investigasi New, Selasa (29/12/15).
Lebih lanjut dikatakan, kebutuhan konsumsi masyarakat Kabupaten Madiun adalah 2.200 kalori per kapita per tahun. “Ketersediaanya harus 2.200 kalori per kapita per hari, sedangkan kita punya stok lebih,” kata Eddy Bin.
Data tersebut sangatlah bisa dipercaya, karena di Badan Ketahan Pangan Kabupaten Madiun mempunyai tim yang khusus untuk mengolahnya.”Data ketersediaan pangan strategis ini tidak dipunyai oleh kabupaten lain,” ungkapnya dengan bangga.
Diasumsikan, apabila seluruh wilayah Kabupaten Madiun mengalami gagal panen, masyarakat tidak perlu khawatir, sebab stok bahan pangan masih bisa mencukupi untuk 3 tahun mendatang. “Faktanya, produksi pangan kan dijual, jadi nilai riilnya tidak seperti ini, namun tidak jauh dari rasio yang kita punya,” tegasnya.
Posisi seperti ini dikarenakan disebabkan pemenuhan 7 indikator ketahanan pangan yang cukup di Kabupaten Madiun diantaranya adalah Ketersediaan Pangan, Akses Pangan dan Pemanfaatan Pangan.
Data ketahanan pangan nasional memberikan tanda warna untuk menunjukkan kondisi pangan di daerah yang ada yaitu dengan warna hijau tua untuk daerah yang sangat tahan pangan, sampai warna merah muda yang dinilai sagat rawan tahan pangan. “Aspek ketahanan pangan di Kabupaten Madiun menurut data nasional pada level 6 (Skala Prioritas) dengan warna hijau tua, yaitu dikatakan sangat-sangat tahan pangan karena ketersediaan pangan lebih banyak daripada kebutuhannya,”ujar Eddy Bin lebih lanjut.

“Jadi  tidak sia-sia kalau Kabupaten Madiun dikatakan sebagai lumpung pangan di wilayah Jawa Timur bagian Barat,” pungkas Eddy Bintardjo. (p-76)

Related product you might see:

Share this product :

Posting Komentar

 
Investigasi New Biro Madiun. Alamat Jl. Gemah Ripah No. 30 Dolopo Kabupaten Madiun. Telp. 081249410099
Support : PT. INSAN MANDIRI PERMATA
Copyright © 2014. Investigasi New Madiun
Template Edited by Investigasi Biro Madiun
Telp/Message : 081249410099 | 0856 0449 9100