Sosialisasi Pembinaan Forum Pembauran Kebangsaan Kabupaten Madiun

Madiun, Investigasi : Menyongsong Asean Economic Community atau yang dikenal dengan Masyarakat Ekonomi Asean pada awal tahun 2016, Pemerintah Kabupaten Madiun bergerak cepat dengan mengumpulkan para Stake Holder yang tergabung dalam wadah Forum Pembauran Kebangsaan (FPK). Hal ini karena FPK dianggap merupakan salah satu wadah atau wahana strategis dalam memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa di Kabupaten Madiun. Rabu (30/12/15)
Acara forum Pembauran Kebangsaan yang diadakan tersebut mengambil  tema “Melalui Forum Pembauran Kebangsaan (FPK), Kita Tingkatkan Semangat Memperkokoh Persatuan dan Kesatuan Bangsa di kabupaten Madiun”
Acara tersebut dihadiri oleh Ketua FPK beserta jajaran, Narasumber dari Kejaksaan Negeri kabupaten Madiun, MUI, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Madiun, Ketau dan Jajaran FKUB Kabupaten Madiun, Pimpinan SKPD Kabupaten Madiun, Para Camat dan Kepala Desa se Kabupaten Madiun.

Dalam laporannya, Kepala Bakesbangpoldagri Kabupaten Madiun, Agus Budi Wahyono menjelaskan bahwa acara ini merupakan program kerja dari Bakesbang dan Poldagri Kabupaten Madiun tahun 2015. Sedangkan tujuannya adalah untuk memberikan penguatan institusi FPK sekalugus memberikan pembekalan pada seluruh Stake Holder sebagai upaya mendukung terwujudnya persatuan dan kesatuan di Kabupaten Madiun.
“Kita juga ingin meningkatkan peran serta dari FPK untuk menjunjung tinggi rasa solidaritas dan budaya saling menghormati serta mewujudkan rasa aman, harmonis dan kondusif di Kabupaten Madiun,” ungkap Agus BW.
Selain itu, acara ini juga untuk menyikapi bergulirnya Asean Economic Community atau Masyarakat Ekonomi Asean tahun 2016, juga untuk membendung pengaruh ekstrim kanan dan ekstrim kiri serta faham ISIS dan Radikalisme. “Dengan dilantiknya pengurus FPK Kabupaten Madiun ini diharapkan segera membentuk jajaran pengurus ditingkat kecamatan dan desa,” ungkapnya.
Dengan berlakunya Masyarakat Ekonomi Asean, kata Agus BW, rasa nasionalisme yang melekat dihati masyarakat juga semakin luntur tergerus arus globalisasi. “Maka dari itu, acara ini kita adakan sehingga diharapkan mampu membangkitkan kesadaran para pelayan masyarakat serta tokoh pemuda sebagai generasi penerus bangsa dalam meningkatkan rasa nasionalisme,” tegasnya.
Sementara itu, Bupati Madiun, H. Muhtarom menjelaskan bahwa dengan dilantiknya kepengurusan FPK diharapkan mampu mengambil peran dan prakarsa untuk mempererat rasa solidaritas diantara sesama dalam upaya mendukung proses pembangunan pusat pemerintahan di Mejayan Caruban.
“Kita harus bisa mengaktualisasikan nilai-nilai luhur sehingga bisa hidup berdampingan sehingga bisa mewujudkan Kabupaten Madiun lebih sejahtera tahun 2018,” tegas Bupati Madiun.

Bupati Madiun berharap agar para pengurus FPK yang baru saja dilantik bisa memberikan kontribusi yang nyata agar Kabupaten Madiun yang sudah kondusif ini lebih harmonis didalam kemajemukann dan multikulturan budaya, etnis, ras dan agama. (p-76)

Related product you might see:

Share this product :

Posting Komentar

 
Investigasi New Biro Madiun. Alamat Jl. Gemah Ripah No. 30 Dolopo Kabupaten Madiun. Telp. 081249410099
Support : PT. INSAN MANDIRI PERMATA
Copyright © 2014. Investigasi New Madiun
Template Edited by Investigasi Biro Madiun
Telp/Message : 081249410099 | 0856 0449 9100