Putus Mata rantai Polio, Pemkot Laksanakan PIN Serentak

Madiun Kota, Investigasi : Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio yang dilaksanakan secara serentak pada tanggal 8 -15 Maret 2016 dengan sasaran anak usia 0-59 bulan. Ini merupakan peralihan pemakaian vaksin Trivalent Oral Polio Vaccine (TOPV) ke Bivalent Oral Polio Vaccine (BOPV) pada tanggal 4 April 2016 dan Introduksi Inactivated Polio Vaccine (IPV) ke dalam program imunisasi rutin pada bulan Juli 2016 di seluruh Indonesia.
Di Kota Madiun, Pencanangan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) tahun 2016 dibuka oleh Walikota, H. Bambang Irianto di Kantor Kelurahan Josenan, Kecamatan Taman dan dihadiri oleh Wakil Walikota, Ketua DPRD, Sekda, Perwakilan Dinkes Jawa Timur, Camat, Lurah.
Dalam pemaparannya, Kepala Dinas Kesehatan Kota Madiun, Kusuma Wardhani mengatakan bahwa untuk mengurangi resiko penularan terhadap virus polio yang datang dari negara lain (importasi) sekaligus untuk memastikan tingkat kekebalan masyarakat terhadap penyakit polio cukup tinggi. Cakupan anak yang diimunisasi polio pada saat PIN > 95 % dan memberikan perlindungan secara optimal dan merata pada anak usia     0 – 59 bulan terhadap kemungkinan munculnya kasus polio.
“Kami mengharap dukungan dari Pemerintah Kota serta masyarakat untuk memutus mata rantai penyebaran virus polio di Kota Madiun,” kata Kusuma Wardhani, Selasa (8/3/16) di Kelurahan Josenan, Kecamatan Taman, Kota Madiun.
Lebih lanjut dikatakan, Pekan Imunisasi Nasional (PIN) ini akan dilaksanakan mulai tanggal 8 sampai dengan 15 Maret serentak di Kota Madiun, “Kami melaksanakan di Rumah Sakit, Puskesmas, Paud dan tempat umum,” Lanjutnya.
Dijelaskan, vaksinasi ini akan dikerjakan oleh Petugas Kesehatan, Guru PAUD dan lainya dengan sasarannya anak umur 0 s/d 59 bulan.
Sementara itu, Walikota Madiun menjelaskan bahwa anak adalah modal yang strategis sebagai generasi penerus bangsa ini. “Kalau anak tidak dimodali kesehatan terus siapa yang akan meneruskan kita,” Tanya walikota Madiun pada undangan.
Dilanjutkan, Anak harus diperhatikan pola makan dan gizinya agar pintar sehingga nantinya tercipta generasi muda yang cerdas yang baik dan benar. “Kita berharap bisa membina generasi muda dengan baik dan benar,” pungkas Walikota Madiun.
Pencanangan Pekan Imunisasi Nasional di Kota Madiun ditandai dengan pemukulan gong oleh Walikota Madiun dan diteruskan pemberian vaksin Polio pada anak secara simbolis oleh walikota Madiun dan Ketua TP PKK Kota Madiun dan jajarannya. (p-76)

Related product you might see:

Share this product :

Posting Komentar

 
Investigasi New Biro Madiun. Alamat Jl. Gemah Ripah No. 30 Dolopo Kabupaten Madiun. Telp. 081249410099
Support : PT. INSAN MANDIRI PERMATA
Copyright © 2014. Investigasi New Madiun
Template Edited by Investigasi Biro Madiun
Telp/Message : 081249410099 | 0856 0449 9100